Langsung ke konten utama

Audit Teknologi Sistem Informasi - Tugas 3A

Nama : Xena Gabriella
Npm  : 17116709
Kelas : 4KA19

1.     Jelaskan masing-masing komponen dari Boundary Control!
a)     Pengendalian Kriptografi merupakan  sistem  untuk  mentransformasikan  data menjadi kode (cryptograms) sehingga tidak memiliki arti bagi orang yang tidak memiliki sistem untuk mengubah kembali data tersebut. Tujuannya untuk menjaga kerahasiaan informasi dengan mengacak data.
b)     Pengendalian Akses berfungsi untuk membatasi penggunaan sumber daya  sistem  komputer,  membatasi  dan  memastikan  User untuk mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan
c)     PIN (Personal Identification Number) Merupakan tekhnik yang digunakan untuk mengontentifikasi pengguna. PIN harus terjaga kerahasiaannya terdapat 9 fase pada daur hidup PIN yaitu : pembuatan PIN, penerbitan dan pengiriman PIN, validasi PIN, transmisi PIN, pemrosesan PIN, penyimpanan PIN, perubahan PIN, penggantian PIN, penghentian pemakaian PIN
d)     Tanda Tangan Digital, tanda tanga digital memiliki dua tujuan yaitu sebagai ontetifikasi pengguna dan menghidari penyangkalan keterlibatan pihak-pihak yang berpartisipasi dalam pembuatan kontrak.

2.     Jelaskan masing-masing komponen dari Input Control (5 Saja)
a)     Pengendalian Kode Data, di dalam pengendalian kode data terdapat kode data yang unik yaitu untuk mengidentifikasikan entitas sebagai anggota dalam suatu grup atau set, dan lebih rapi dalam   menyusun   informasi   yang   dapat   mempengaruhi  tujuan integritas data, keefektifan serta keefisienan.
b)     Cek Digit, Cek digit digunakan sebagai peralatan untuk mendeteksi kesalahan dalam banyak aplikasi, sebagai contoh : tiket pesawat, proses kartu kredit, proses rekening bank, proses pengumpulan item bank dan proses lisensi mengemudi.
c)     Pengendalian Batch,  batching  merupakan  proses  pengelompokkan  transaksi bersama-sama yang menghasilkan beberapa jenis hubungan antara yang  satu  dengan  lainnya.  Pengendalian  yang  bermacam-macam dapat digunakan pada batch untuk mencegah atau mendeteksierroratau kesalahan. Ada dua jenis batch yang digunakan yaitu batch fisik dan batch logis
d)     Intruksi Masukan, dalam memasukkan instruksi kedalam sistem aplikasi sering terjadi kesalahan karena adanya Instruksi yang bermacam-macam dan kompleks. Karena itu perlu menampilkan pesan kesalahan. Pesan kesalahan   yang   ditampilkan   harus   dikomunikasikan   pada   User dengan lengkap dan jelas.
e)     Pengendalian Jejak Audit, jejak audit merupakan catatan harian yang dapat didesain untuk mencatat aktivitas  pada tingkat sistem, aplikasi, dan tingkat pengguna. Jika diirnplernentasikan dengan benar, jejak audit dapat mendukung tujuan keamanan dalam tiga cara :
·       Mendeteksi akses yang tidak memiliki otorisasi,
·       Memfasilitasi rekonstruksi peristiwa, dan
·       Mempromosikan akuntabilitas pribadi.

3.     Jelaskan masing-masing komponen dari Communication Control  (5 Saja)
a)     Pengendalian Komponen Fisik, salah satu cara untuk mengurangi kesalahan didalam subsistem komunikasi ialah untuk memilih komponen fisik yang memiliki karakteristik yang membuat mereka dapat dipercaya dan menyediakan pengendalian atau fitur yang meringankan resiko yang ditimbulkan
b)     Pengendalian Topologi Jaringan, Topologi jaringan komunikasi menjelaskan lokasi dari node didalam jaringan, bagaimana node dihubungkan dan kemampuan data transmisi dari hubungan diantar node
c)     Pengendalian Keberadaan, Pengendalian yang ada untuk petunjuk input biasanya tidak lebih kritis di bandingkan data input yang di butuhkan. Terkadang sangat penting untuk mengidentifikasi siapa yang mengintrogasi sebuah database pada saat kemungkinan masalah keamanan sedang di investigasi atau database di temukan sebagai keadaan yang salah.
d)     Pengendalian terhadap Ancaman Subversi ,  Terdapat 2 tipe dari pengendalian ancaman atas subversive untuk subsistem komunikasi. Pertama untuk mendirikan rintangan fisikal untuk melintasi subsistem data. Yang kedua, menerima bahwa penyusup berusaha mendapatkan akses ke data, karena itu untuk membuat data tidak berguna ketika akses tersebut terjadi, kita harus meneliti jenis kontrol dalam subbagian
e)     Pengendalian Internetworking,  Internet working adalah proses dari dua sambungan atau lebih jaringan komunikasi bersama untuk menyediakan pengguna dari satu jaringan untuk menyampaikan kepada pengguna dari jaringan yang lain. Kumpulan keseluruhan jaringan yang saling berhubungan disebut internet. Tiga tipe dari alat yang di gunakan untuk menghubungkan sub jaringan dalam internet yaitu bridge, router, gateway.

Kesimpulan
        Input Control dirancang untuk mengontrol berbagai jenis metode data input, perancangan dokumen sumber, perancangan layar input, data koding, check digit, batch control, validasi dari data input dan input instruction, sedangkan Communication Control bertanggung jawab untuk mengangkut data diantara semua subsistem lainnya dalam sebuah sistem dan untuk mengangkut data untuk atau menerima data dari sistem lain dan yang terakhir pada Boundary Control memiliki tugas menentukan hubungan antara pemakai komputer dengan sistem komputer itu sendiri.

Daftar pustaka
https://www.academia.edu/18406043/Resume_Chapter_17_audit_dan_kepastian_sistem_informasi
https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2009-2-00675-KA%20BAB%202.pdf
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2006200844KABab2.html
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2013100781KABab2001/body.html

Komentar